FASILITAS IT UNIVERSITAS GUNADARMA



            Universitas Gunadarma (UG) atau biasa disebut Gunadarma merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Gunadarma memiliki kampus utama yang berada di Kota Depok, Jawa Barat. Gunadarma memiliki 14 kampus cabang yang digunakan untuk kegiatan perkuliahan mahasiswa serta fasilitas IT yang dapat menunjang kegiatan perkuliahan.
            Seperti yang kita ketahui bahwa Teknologi Informasi atau dalam Bahasa Inggris disebut Information Technology merupakan istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi Informasi itu juga yang menjadi salah satu faktor pertimbangan ketertarikan calon mahasiswa baru untuk berkuliah di Gunadarma.

            Penjabaran dari fasilitas IT yang ada di Gunadarma antara lain :

BAAK (BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN)
Website yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Pada website baak kita dapat mengakses jadwal perkuliahan, jadwal UTS, jadwal UAS, jadwal UU, kalendar akademik dan kegiatan lainnya. BAAK Gunadarma dapat diakses melalui website baak.gunadarma.ac.id.



E – LEARNING CENTER
Fasilitas yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi computer, jaringan computer dan/atau internet. E – Learning ini mencakup ebook dalam bentuk CD/DVD, SAP online, V-Class, serta memonitoring staffsite dan studentsite. E – Learning Gunadarma dapat diakses melalui website elearning.gunadarma.ac.id.


V-Class itu sendiri adalah layanan pembelajaran online yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan kampus. V-Class dapat diakses melalui website v-class.gunadarma.ac.id.


Staffsite adalah homepage resmi staff Gunadarma yang biasanya digunakan mahasiswa untuk mencari materi dari dosen yang bersangkutan. Staffsite dapat diakses melalui website staffsite.gunadarma.ac.id.


Studentsite adalah akun yang digunakan mahasiswa sebagai ‘loker’ pribadi dimana isinya terdapat rangkuman nilai, portofolio mahasiswa baik itu tugas, penulisan, atapun seminar, serta berbagai informasi mengenai lowongan pekerjaan, open recruitment, dan event – event kampus. Studentsite dapat diakses di studentsite.gunadarma.ac.id.




INTEGRATED LABORATORY
Integrated Laboratory atau I – Lab merupakan fasilitas laboratorium komputer yang mengacu pada kemandirian praktikan sehingga praktikan memiliki tanggung jawab dalam praktikum dan Asisten Laboratorium tidak selalu mendampingi praktikan.



I – LOUNGE
Penyediaan fasilitas Internet Lounge di kampus yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang membawa  notebook untuk mengakases internet secara gratis.

UG – NEWS
Merupakan fasilitas untuk mengetahui berita – berita terbaru seputar Gunadarma. UG – News memiliki website yang merupakan versi online dari tabloid Gunadarma. Di dalamnya terdapat fasilitas yang memudahkan mahasiswa untuk memilih apa yang akan dibaca olehnya ataupun berita apa yang akan dicari apalagi lebih praktis karena bisa juga melihat berita – berita yang ada di Gunadarma secara per fakultas. UG – News dapat diakses melalui website ugnews.gunadarma.ac.id.



UG HOTZONE
Untuk menunjang suasana yang kondusif diluar kegiatan perkuliahan formal (di dalam ruangan kelas dan laboratorium), diadakan juga hotspot yang dikenal dengan UG Hotzone yang tersebar di 70 titik kampus yang diperuntukan bagi seluruh civitas gunadarma. Hal ini dapat memudahkan para civitas yang membawa handphone dan notebook untuk mengakses internet dengan mudah dan cepat.



UG IN YOUR HAND
UG in Your Hand merupakan aplikasi berbasis Java yang dapat diakses secara mobile. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk melihat jadwal perkuliahan, nama dosen, dan lainnya.



            Demikian penjabaran dari fasilitas IT yang ada di Universitas Gunadarma. Tentunya sebagai mahasiswa kita sudah diberikan fasilitas yang cukup baik dan sebaiknya dapat digunakan dengan baik dan benar.





Penulis             :           Alifianty Rizki Chaerunnisa
Sumber            :


Comments

Popular Posts