PENERAPAN GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA


     Seperti yang kita ketahui bahwa kehidupan kita tidak dapat terlepas dari grafik komputer dan pengolahan citra. Keduanya telah menunjukkan kemajuan  pesat dalam mengembangkan aplikasi  serta prosesor yang canggih. Sebenarnya apa itu grafik komputer dan pengolahan citra ? Yuk kita bahas pengertian serta contoh – contoh penerapannya !


PENGERTIAN GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA

     Pertama yang kita bahas terlebih dahulu adalah grafik komputer. Grafik komputer merupakan proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi objek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut. Atau dengan kata lain grafi komputer itu teknik untuk membuat gambar objek sesuai dengan objek tersebut di alam nyata (realism) baik itu 2D ataupun 3D dengan menggunakan komputer. Salah satu bidang grafik komputer yang paling terkenal adalah desain grafis. Oke, sekarang kita lanjut bahas tentang pengolahan citra. Pengolahan citra adalah proses memperbaiki kualitas gambar, dilihat dari aspek radiometrik (peningkatan kontras, transformasi warna, restorasi citra) dan dari aspek geometrik (rotasi, translasi, skala, transformasi geometrik). Singkatnya kita mengolah citra yang sudah ada untuk menghasilkan citra baru sesuai dengan keperluan user.

PENERAPAN GRAFIK KOMPUTER PADA KEHIDUPAN

     Saat ini grafik komputer sudah berkembang di berbagai bidang contohnya seperti bidang perancangan, pendidikan, hiburan (entertainment), periklanan, bisnis, dan lain – lain.
  •     Desain

CAD (Computer Aided Design) merupakan bentuk aplikasi yang digunakan pada sistem rekayasa dan arsitektur. Contohnya pembuatan desain pesawat terbang, mobil, rumah, computer, kapal. Objek ditampilkan dengan menggunakan wireframe agar dapat memperlihatkan keseluruhan bentuk serta internal dari objek tersebut. Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu AutoCAD, 3D Studio Max, dan Maya.

AutoCAD adalah salah satu perangkat lunak CAD untuk arsitek, insinyur, dan pekerja konstruksi professional dalam membuat gambar 2D dan 3D. AutoCAD sudah memiliki fitur - fitur spesifik industri dan objek cerdas untuk arsitektur, teknik mesin, desain listrik, dan banyak lagi. Kelebihan dari AutoCAD yaitu :
a.       Beranotasi gambar dengan tulisan, dimensi, dan table.
b.       Pengaturan dengan aplikasi tambahan dan APIs.

                         
                    Gambar 1.1 AutoCAD

Kelebihan dari 3D Studio Max yaitu :
a.       Memiliki fitur untuk mengatur skala produksi konten.
b.       Mengakselerasi langkah manual untuk meningkatkan produktivitas.

Gambar 1.2 3D Studio Max

Gambar 1.3 Maya Interface

  •    Grafik Presentasi

Grafik komputer digunakan untuk menampilkan grafik presentasi sebagai pelengkap laporan keuangan, hasil analisa suatu data, perubahan ekonomi dan lainnya. Grafik presentasi dapat berbentuk batang (bar), titik (dot), garis (line), pie, maupun gabungan dari dua bentuk tersebut. Microsoft Excel adalah salah satu contoh perangkat lunak yang digunakan.




PENERAPAN PENGOLAHAN CITRA PADA KEHIDUPAN

Sama dengan penerapan grafik komputer yang sebelumnya sudah kita bahas, pengolahan citra pun memiliki spectrum aplikasi yang sangat luas. Contohnya dalam bidang pengideran jarak jauh (Remote Sensing). Pada bidang ini, aplikasi yang digunakan adalah citra satelit. Berbagai informasi dari alam seperti perairan, kelautan, hutan, pertanian, geologi dan lainnya dapat diperoleh dengan melakukan analisis terhadap citra satelitnya. Misal ketika ingin mengetahui kapal laut yang melewati perbatasan laut negara atau ketika ingin melihat kondisi Aceh sebelum dan sesudah terjadinya bencana tsunami.

Gambar 2.1 (a) Aceh sebelum terjadi tsunami 
(b) Aceh sesudah terjadi tsunami

Selain itu pengolahan citra juga dapat digunakan pada bidang biometrika. Sebagai contoh penerapannya adalah pemanfaatan sidik jari, iris mata, wajah untuk mengidentifikasi seseorang.

Gambar 2.2 (a) Pemindaian sidik jari
(b) Pemindaian wajah

Nah jadi sekarang udah lebih paham kan sama apa itu grafik komputer dan pengolahan citra ? Semoga pembahasan kali ini bermanfaat ya untuk kalian!







REFERENSI :
1. Putra, Darma. 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta. CV Andi Offset



Comments

Popular Posts