REVIEW APLIKASI GO-CAR DAN GO-FOOD



GO-CAR DAN GO-FOOD



A.   Fungsi
Go-Car dan Go-Food adalah salah satu fitur atau layanan yang disediakan oleh perusahaan transportasi online Go-jek. Keduanya adalah layanan yang berfungsi untuk memesan kendaraan atau makanan secara online. Saat ini, keduanya banyak digunakan diberbagai kalangan karena memberi kemudahan dalam pemesanan kendaraan atau makanan. Kemudahan tersebut berupa user tidak perlu datang ke tempat makan atau keluar rumah untuk memesan makanan apabila menggunakan Go-food. Selain itu, user tidak perlu kerepotan menunggu di pinggir jalan jika ingin memanggil taksi apabila menggunakan layanan Go-car. User dapat memesan makanan kapapun dan dimanapun. Hal ini disebabkan oleh apabila user ingin memesan makanan atau kendaraan yang ingin digunakan, GPS Satelites akan menangkap sinyal tersebut dan akan menyambungkannya ke menara GPS & Radio Beacon “Reference Receiver”. Dari menara tersebut permintaan dari pengguna disampaikan ke driver untuk selanjutnya akan dikerjakan.



B.    Manfaat
1.      Pengguna dapat menghemat waktu dan tenaga karena pengguna tidak perlu kerepotan keluar rumah untuk memesan makanan atau kendaraan. Pengendara cukup membuka aplikasi Go-jek dari telepon pintarnya dan memilih layanan Go-car atau Go-food. Pada layanan Go-car pengguna hanya perlu memilih titik penjemputan dan titik drop-off maka kendaraan akan datang menjemput sesuai dengan titik penjemputan pada aplikasi. Sedangkan pada layanan Go-food pengguna dapat memiliki berbagai pilihan restoran terdekat maupun yang jauh sekalipun. Kemudian pengguna memilih restoran dan menu yang diinginkan lalu kemudian driver yang menerima permintaan akan mengerjakannya.
2.      Pengguna dapat memeriksa pemesanan kendaraan atau makanan melalui peta yang disediakan.
3.      Pembayaran juga dapat dilakukan melalui fasilitas e-wallet.

C.    Kelemahan
1.      GPS driver Go-car terkadang terlambat diperbaharui sehingga terdpaat beberapa pengguna yang mendapatkan driver yang ternyata lokasinya buka terdekat dari lokasi pengguna.
2.      Gambar makanan pada menu di restoran pada layanan Go-food tidak muncul.

D.   Cara Kerja
Layanan Go-car bekerja pada saat pengguna menentukan titik penjemputan dan titik drop-off. Dari penentuan tersebut nantinya sistem akan mengkalkulasi tarif yang jarak tempuh yang harus dibayarkan oleh pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat memilih metode pembayaran baik melalui e-wallet yang disedikan oleh pihak Gojek ataupun melalui uang tunai. Setelah itu pengguna akan mengklik pesan dan permintaan tersebut akan ditangkap oleh GPS Satelites dan akan diteruskan ke menara GPS & Radio Beacon “Reference Receiver”. Kemudian, menara akan menyambung permintaan ke driver yang terdekat dengan permintaan pesanan untuk kemudian pesanan tersebut dikerjakan. Hal yang sama juga berlaku pada layanan Go-food hanya berbeda pada prosedut pemesanan. Pada Go-food pengguna memilih restoran dan menu makanan yang diinginkan sebelum mengklik pesan. Metode pembayaran yang disedikannya sama dengan metode pembayaran pada Go-car.

E.    Algoritma (flowchart)
Berikut flowchat untuk menunjukkan cara kerja dari Go-car dan Go-food :


Penjelasan :
1.      User memilih apakah ingin menggunakan Go-Ride, Go-Car, Go-Send, atau Go-Food.
2.      Jika memilih Go-Car maka user akan diperintahkan untuk memasukkan titik penjemputan dan lokasi tujuan
3.      Setelah itu user memilih metode pembayaran, cash atau credit kemudian memesan.
4.      Jika memilih Go-Food maka user akan diperintahkan memasukkan nama restaurant atau café yang diinginkan.
5.      Kemudian user akan diminta untuk memilih menu makanan yang diinginkan.
6.      Setelah itu user memilih metode pembayaran, cash atau credit kemudian memesan.


Comments

Popular Posts